Soal Pilihan Ganda Materi kejuruan TSM / Teknik Sepeda Motor khususnya materi tentang engine, materi sistem bahan bakar, materi kelistrikan sepeda motor
Soal Kejuruan TSM
Pilihlah satu jawaban yang anda anggap paling benar!
1. Siklus mesin untuk mesin 4 langkah terdiri dari :
a) Dua langkah piston satu kali putaran poros engkol
b) Empat langkah piston dua kali putaran poros engkol
c) Empat langkah piston satu kali putaran poros engkol.
d) Tidak ada jawaban yang benar.
2. Pada mesin 4 tak, apabila katup masuk terbuka dan katup
buang tertutup, sementara piston bergerak dari TMA ke TMB, maka proses ini
disebut :
a) Langkah pembuangan
b) Langkah usaha
c)
Langkah hisap
d)
Ketiga jawaban diatas salah
3. Pada mesin 2 tak pada saat piston bergerak dari TMB ke
TMA dibawah piston terjadi proses :
a) Peghisapan bahan bakar dari karburator.
b) Pemampatan bahan bakar kedalam ruang pembilasan.
c) Jawaban tidak ada yang benar.
d)
Kedua jawaban (a dan b ) benar semua.
4. Berikut adalah prosedur yang dilakukan sebelum
melakukan penyetelan celah katup pada mesin sepeda motor :
a) Melepas penutup lubang poros engkol, dan penutup
lubang pemeriksaan waktu pengapian
b) Melepas penutup lubang penyetelan katup
c) Memutar rotor generator berlawanan arah jarum jam
pastikan katup masuk bergerak turun dan kemudian naik kembali, tepatkan tanda “T” pada rotor generator dengan tanda penyesuainya.
d) Jawaban a, b, c adalah benar.
5. Berikut adalah prosedur pemeriksaan Tekanan
kompresi pada mesin sepeda motor, kecuali :
a) Memanaskan mesin dan kemudian mesin dimatikan
b) Melepas cup busi dan busi
c) Menutup penuh gas tangan
d) Memasang meter tekanan kompresi pada lubang busi
6. Prosedur pemeriksaan tinggi permukaan oli pada
mesin sepeda motor dalah sebagai berikut :
a) Menghidupkan mesin dan biarkan berputar stasioner
selama 2-3 menit
dan kemudian
matikan mesin
b) Menempatkan sepeda motor pada standar tengannya dan
pada mermukaan lantai yang rata
c) Melepas tutup pengisi oli / batang pengukur dan
periksa tinggi permukaan oli
d) Jawaban a,b,c adalah benar
7. Pada umumnya mesin sepeda motor menggunakan sistem pendingin
seperti dibawah ini, kecuali :
a) Sistem pendinginan udara
b) Sistem pendingin udara yang ditiupkan ( force air )
c) Sistem pendingin turbo charger
d) Sistem pendinginan air ( water cooled )
8. Berikut adalah komponen-komponen sistem pendinginan air,
pada sepeda motor, kecuali :
a) Water jacket
b) Water cendimeter
c) Radiator
d) Water pump
9. Pemeliharaan
sistem pendingin udara adalah sebagai berikut , kecuali :
a) Membersihkan Rusuk Pendingin sampai bersih dengan
menggunakan angin dari kompressor.
b) Memberi lapisan cat pada rusuk pendingin
c) Jangan menghidupkan mesin terlalu lama jika tidak
dijalankan
d) Bersihkanlah Sela-sela lubang angin pada silinder atau
head silinder dengan angin dari kompressor.
10. Suatu
alat yang dipergunakan untuk menguji kebocoran system pendinginan air pada
sepeda motor, disebut :
a)
Hydrometer
b)
Odometer
c)
Radiator tester
d)
Tacho meter
11.
Fungsi karburator pada sistim bahan bakar sepeda motor yaitu ;
a)
Untuk mengatur jumlah udara yang akan masuk ke dalam silinder
b)
Untuk mengatur jumlah bahan bakar yang akan masuk ke dalam silinder
c)
Untuk mencampur bahan bakar dan udara sesuai dengan beban kerja
mesin
d)
Untuk menyuplai bahan bakar kedalam mesin.
12.
Komponen-komponen karburator adalah sebagai berikut, kecuali :
a)
Mangkok pelampung, Slow jet, Main jet, nedle jet holder
b)
Mangkok pelampung, Slow jet, Main jet, throttle valve
c)
Mangkok pelampung, Slow jet, Main jet, pilot screw
d)
Mangkok pelampung, Slow jet, Main jet, throttle valve dan power
valve
13.
Makin tinggi oktan bahan
bakar artinya :
a)
Bahan bakar tersebut makin tidak mudah terbakar
b)
Bahan bakar tersebut makin mudah terbakar
c)
Bahan bakar tersebut dominan terjadi detonasi pada mesin
d)
Bahan bakar tersebut jelek untuk pembakaran
14. Penyebab
campuran bahan bakar terlalu kaya / gemuk diantaranya ialah :
a)
Ada kebocoran udara yang masuk
b)
Katup cuk macet /dalam keadaan tertutup
c) Penyetelan
putaran stasioner tidak benar
d) Elemen
saringan udara tidak terpasang
15. Penyebab
campuran bahan bakar terlalu miskin / kurus
ialah sebagai berikut, Kecuali :
a)
Katup pelampung tidak bekerja dengan baik
b)
Selang pernapasan karburator tersumbat
c)
Elemen
saringan udara dalam keadaan kotor
d)
Spuyer karburator tersumbat.
16.
Apa bila lemen saringan udara dalam keadaan kotor, maka campuran
udara dan bahan bakar pada karburator akan menjadi :
a)
Campuran akan menjadi tepat
b)
Campuran akan menjadi miskin
c)
Campuran akan menjadi kaya
d)
Campuran akan menjadi ekonomis
17.
Bila baut penyetel Idle Mixture Adjusting Screw
Karburator (setelan angin)
diputar arah ke dalam maka :
a) Jumlah
udara lebih banyak
b)
Jumlah bensin lebih banyak
c)
Jumlah udara lebih sedikit
d)
Jumlah bensin lebih sedikit
18.
Komponen ini mangatur aliran bensin di
karburator pada saat mesin putaran
rendah
a)
Slow jet
b)
Main jet
c)
Throtle Valve
d)
Venturi
19.
Pernyataan dibawah ini adalah prosedur penyetelan karburator
sepeda motor, kecuali :
a)
Mesin telah dipanasi
temperatur kerja
b)
Mesin dalam kondisi dingin
c) Elemen saringan telah diperiksa
d)
Kompenen-komponen karburator telah diperiksa
20.
Pada Ignition Switch menghubungkan dan memutuskan:
a)
Regulator dengan alternator
b)
Alternator dengan motor starter
c)
Massa dengan igniton coil
d)
Baterai dengan massa
21.
Fungsi kumparan primer pada coil adalah
:
a) Membuat
magnit permanen pada coil.
b) Menginduksi
kumparan secunder coil
c)
Membuat loncatan bunga api
d)
Mengatur lamanya platina menutup.
22.
Pada pengapian yang menggunakan
platinaTegangan tinggi pada coil akan menjadi rendah / dibawah standar karena :
a)
Sering timbul bunga api pada kontak platina.
b)
Tegangan battery yang masuk ke Coil rendah.
c)
Condensor yang sudah tidak berfungsi dengan baik
d)
Jawaban a,b,c adalah benar.
23.
Apabila terjadi panas yang berlebihan pada
coil kendaraan akibatnya :
a)
Arus tegangan tinggi pada busi makin baik.
b)
Arus tegangan tinggi pada busi makin menurun
c)
Arus tegangan accu menjadi tidak stabil
d)
Arus tegangan accu menjadi rendah.
24.
Pada pengapian yang menggunakan
platinaTegangan tinggi pada coil akan
menjadi rendah / dibawah standar karena :
a)
Sering timbul bunga api pada kontak platina.
b)
Tegangan battery yang masuk ke Coil rendah.
c)
Condensor yang sudah tidak berfungsi dengan baik
d)
Jawaban a,b,c adalah benar.
25.
Terjadinya teganggan tinggi ( kurang
lebih 20.000 Volt ) pada ignition coil
adalah :
a) Pada
saat platina mulai menutup
b) Pada
saat platina mulai membuka.
c) Pada
saat platina tetap menutup
d)
Pada saat platina akhir membuka
26.
Pengaturan Saat pengapian (igniton
timing) pada sepeda motor ditentukan oleh :
a)
Pemilik sepeda motor
b) Workshop
manual
c)
Kebijakan bengkel masing-masing
d)
Teknisi / mekanik
27.
Di bawah ini adalah komponen sistem pengapian sistem CDI
a)
Sumber arus, Coil, Busi, Flasher
b)
Sumber Arus, Coil, Busi, Flasher, CDI Unit
c)
Sumber arus, Busi, Coil, Pick Up coil, rotor, CDI Unit
d)
Sumber arus, Busi, Coil, Pick Up coil, CDI Unit
28. Sumber
listrik sepeda motor menggunakan
:
a)
Accu dan alternator
b)
Alternator dan Regulator
c)
Starter motor dan alternator
d)
Rotor.
29.
Berat jenis air acuu yang baik adalah :
a)
1.2
b)
1.26
c)
2,16
d) 0,27
30.
Untuk
mengukur berat jenis accu dipergunakan alat sebagai berikut :
a)
Multi tester
b)
Micro meter
c)
Hydrometer
d)
Silinder gauge.
31. Kapasitas battery dapat
diketahui dari :
a. Voltage
b. Ampere
c. Spesifikasi di kotak battery
d. Semua jawaban salah
32. Kelebihan Battery kering adalah :
a) Tidak butuh perawatan berkala
b) Umur pakai lebih lama
c) Arus listrik lebih kecil
d) Tidak ada penguapan elektrolit
33. Jika elektrolit didalam
battery volumenya dibawah batas lower
level akan mengakibatkan :
a. Sel-sel pada battery akan cepat rusak
b. Kapasitas voltage sel battery
bertambah
c. Amper batterai bertambah
d. Semua jawaban salah