Kumpulan jawaban dan soal otomotif

Kumpulan jawaban dan soal otomotif TKR dan TSM

  • Home
  • About
  • Contact Us
  • Sitemap
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
Home » Soal Engine » Soal Kejuruan TSM » Soal Kelistrikan » Soal Kejuruan TSM Engine dan Kelistrikan Sepeda Motor

Tuesday, September 29, 2015

Soal Kejuruan TSM Engine dan Kelistrikan Sepeda Motor

Soal Pilihan Ganda Materi kejuruan TSM / Teknik Sepeda Motor khususnya materi tentang engine, materi sistem bahan bakar, materi kelistrikan sepeda motor

Soal Kejuruan TSM

Pilihlah satu jawaban yang anda anggap paling benar!


1.      Siklus mesin untuk mesin 4 langkah terdiri dari :
a)    Dua langkah piston satu kali putaran poros engkol
b)   Empat langkah piston dua kali putaran poros engkol
c)    Empat langkah piston satu kali putaran poros engkol.
d)    Tidak ada jawaban yang benar.


2.      Pada mesin 4 tak, apabila katup masuk terbuka dan katup buang tertutup, sementara piston bergerak dari TMA ke TMB, maka proses ini disebut :

a)    Langkah pembuangan
b)   Langkah usaha
c)    Langkah hisap
d)    Ketiga jawaban diatas salah

3.      Pada mesin 2 tak pada saat piston bergerak dari TMB ke TMA dibawah piston  terjadi proses :
a)    Peghisapan bahan bakar dari karburator.
b)   Pemampatan bahan bakar kedalam ruang pembilasan.
c)    Jawaban tidak ada yang benar.
d)    Kedua jawaban (a dan b ) benar semua.

4.    Berikut adalah prosedur yang dilakukan sebelum melakukan penyetelan celah katup pada mesin sepeda motor :
a)    Melepas penutup lubang poros engkol, dan penutup lubang pemeriksaan waktu pengapian
b)   Melepas penutup lubang penyetelan katup
c)    Memutar rotor generator berlawanan arah jarum jam pastikan katup masuk bergerak turun dan kemudian naik kembali, tepatkan  tanda “T” pada rotor generator dengan tanda penyesuainya.
d)    Jawaban a, b, c adalah benar.

5.    Berikut adalah prosedur pemeriksaan Tekanan kompresi pada mesin sepeda motor, kecuali :
a)    Memanaskan mesin dan kemudian mesin dimatikan
b)   Melepas cup busi dan busi
c)    Menutup penuh gas tangan
d)    Memasang meter tekanan kompresi pada lubang busi

6.    Prosedur pemeriksaan tinggi permukaan oli pada mesin sepeda motor dalah sebagai berikut :
a)    Menghidupkan mesin dan biarkan berputar stasioner selama 2-3 menit
dan kemudian matikan mesin
b)   Menempatkan sepeda motor pada standar tengannya dan pada mermukaan lantai yang rata
c)    Melepas tutup pengisi oli / batang pengukur dan periksa tinggi permukaan oli
d)    Jawaban a,b,c adalah benar

7.    Pada umumnya mesin sepeda motor menggunakan sistem pendingin seperti dibawah ini, kecuali :
a)    Sistem pendinginan udara
b)   Sistem pendingin udara yang ditiupkan ( force air )
c)    Sistem pendingin turbo charger
d)    Sistem pendinginan air ( water cooled  )

8.    Berikut adalah komponen-komponen sistem pendinginan air, pada sepeda motor, kecuali :
a)    Water jacket
b)   Water cendimeter
c)    Radiator
d)    Water pump

9.     Pemeliharaan  sistem pendingin udara adalah sebagai berikut , kecuali  :
a)    Membersihkan Rusuk Pendingin sampai bersih dengan menggunakan angin dari kompressor.
b)   Memberi lapisan cat pada rusuk pendingin
c)    Jangan menghidupkan mesin terlalu lama jika tidak dijalankan
d)    Bersihkanlah Sela-sela lubang angin pada silinder atau head silinder dengan angin dari kompressor.

10. Suatu alat yang dipergunakan untuk menguji kebocoran system pendinginan air pada sepeda motor, disebut :
a)    Hydrometer
b)   Odometer
c)      Radiator tester
d)      Tacho meter

11. Fungsi karburator pada sistim bahan bakar sepeda motor yaitu ;
a)    Untuk mengatur jumlah udara yang akan masuk ke dalam silinder
b)   Untuk mengatur jumlah bahan bakar  yang akan masuk ke dalam silinder
c)    Untuk mencampur bahan bakar dan udara sesuai dengan beban kerja mesin
d)    Untuk menyuplai bahan bakar kedalam mesin.

12. Komponen-komponen karburator adalah sebagai berikut, kecuali :
a)    Mangkok pelampung, Slow jet, Main jet, nedle jet holder
b)   Mangkok pelampung, Slow jet, Main jet, throttle valve
c)    Mangkok pelampung, Slow jet, Main jet, pilot screw
d)    Mangkok pelampung, Slow jet, Main jet, throttle valve dan power valve

13.    Makin tinggi oktan bahan bakar  artinya :
a)    Bahan bakar tersebut makin tidak mudah terbakar
b)   Bahan bakar tersebut makin mudah terbakar
c)    Bahan bakar tersebut dominan terjadi detonasi pada mesin
d)    Bahan bakar tersebut jelek untuk pembakaran

14. Penyebab campuran bahan bakar terlalu kaya / gemuk diantaranya ialah :
a)    Ada kebocoran udara yang masuk
b)   Katup cuk macet /dalam keadaan tertutup
c)      Penyetelan putaran stasioner tidak benar
d)      Elemen saringan udara tidak terpasang

15. Penyebab campuran bahan bakar terlalu miskin / kurus  ialah sebagai berikut, Kecuali :
a)    Katup pelampung tidak bekerja dengan baik
b)   Selang pernapasan karburator tersumbat
c)    Elemen saringan udara dalam keadaan kotor
d)    Spuyer karburator tersumbat.

16. Apa bila lemen saringan udara dalam keadaan kotor, maka campuran udara dan bahan bakar pada karburator akan menjadi :
a)  Campuran akan menjadi tepat
b) Campuran akan menjadi miskin
c)  Campuran akan menjadi kaya
d)  Campuran akan menjadi ekonomis

17.    Bila baut penyetel Idle Mixture Adjusting Screw Karburator (setelan angin)
diputar arah ke dalam maka :
a)    Jumlah udara lebih banyak
b)   Jumlah bensin lebih banyak
c)    Jumlah udara lebih sedikit
d)    Jumlah bensin lebih sedikit

18. Komponen ini mangatur aliran bensin di karburator pada saat  mesin putaran rendah
a)    Slow jet
b)   Main jet
c)    Throtle Valve
d)    Venturi

19. Pernyataan dibawah ini adalah prosedur penyetelan karburator sepeda motor, kecuali :
a)    Mesin  telah dipanasi temperatur kerja
b)    Mesin dalam kondisi dingin
c)   Elemen saringan telah diperiksa
d)    Kompenen-komponen karburator telah diperiksa

20. Pada Ignition Switch  menghubungkan dan memutuskan:
a) Regulator dengan alternator
b) Alternator dengan motor starter
c)  Massa dengan igniton coil
d) Baterai dengan massa

21.    Fungsi kumparan primer pada coil adalah :
a)  Membuat magnit permanen pada coil.
b) Menginduksi kumparan secunder coil
c)  Membuat loncatan bunga api
d)  Mengatur lamanya platina menutup.

22. Pada pengapian yang menggunakan platinaTegangan tinggi pada coil akan menjadi rendah / dibawah standar karena :
a)  Sering timbul bunga api pada kontak platina.
b) Tegangan battery yang masuk ke Coil rendah.
c)  Condensor yang sudah tidak berfungsi dengan baik
d)  Jawaban a,b,c adalah benar.

23. Apabila terjadi panas yang berlebihan pada coil kendaraan akibatnya :
a)  Arus tegangan tinggi pada busi makin baik.
b) Arus tegangan tinggi pada busi makin menurun
c)  Arus tegangan accu menjadi tidak stabil
d)  Arus tegangan accu menjadi rendah.

24. Pada pengapian yang menggunakan platinaTegangan tinggi pada coil akan   menjadi rendah / dibawah standar karena :
a)  Sering timbul bunga api pada kontak platina.
b)  Tegangan battery yang masuk ke Coil rendah.
c)  Condensor yang sudah tidak berfungsi dengan baik
d)  Jawaban a,b,c adalah benar.

25. Terjadinya teganggan tinggi ( kurang lebih 20.000 Volt ) pada ignition coil  adalah :
a)  Pada saat platina mulai menutup
b) Pada saat platina mulai membuka.
c)  Pada saat platina tetap menutup
d)  Pada saat platina akhir membuka

26. Pengaturan Saat pengapian (igniton timing) pada sepeda motor ditentukan oleh :
a)  Pemilik sepeda motor
b) Workshop manual
c)  Kebijakan bengkel masing-masing
d)  Teknisi / mekanik

27. Di bawah ini adalah  komponen sistem pengapian sistem CDI
a)  Sumber arus, Coil, Busi, Flasher
b)  Sumber Arus, Coil, Busi, Flasher, CDI Unit
c)    Sumber arus, Busi, Coil, Pick Up coil, rotor,  CDI Unit
d)   Sumber arus, Busi, Coil, Pick Up coil,  CDI Unit

28. Sumber  listrik sepeda motor menggunakan   :
a)    Accu dan alternator
b)   Alternator  dan Regulator
c)    Starter motor dan alternator
d)    Rotor.

29. Berat jenis air acuu yang baik adalah :
a)    1.2
b)   1.26
c)    2,16
d)    0,27

30.  Untuk mengukur berat jenis  accu  dipergunakan alat sebagai berikut :
a)    Multi tester
b)   Micro meter
c)    Hydrometer
d)    Silinder gauge.

31.   Kapasitas battery dapat diketahui dari :
a.  Voltage
b.  Ampere
c.   Spesifikasi di kotak battery
d.  Semua jawaban salah

32.   Kelebihan Battery kering adalah :
a)  Tidak butuh perawatan berkala
b) Umur pakai lebih lama
c)  Arus listrik lebih kecil
d)  Tidak ada penguapan elektrolit

33. Jika elektrolit didalam battery volumenya  dibawah batas lower level akan mengakibatkan  :
a.  Sel-sel pada  battery akan cepat rusak
b.  Kapasitas voltage sel battery bertambah
c.   Amper batterai bertambah
d.  Semua jawaban salah

Pembahasan dan Kunci jawaban soal kejuruan TSM engine dan kelistrikan
Sobat pembaca yang budiman demikian bahan pertanyaan yang dapat saya bagikan semoga menambah perbendaharaan atau bank soal bapak / ibu guru khususnya guru kompetensi keahlian TSM
f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
tri haryadi
6:03 PM

2 komentar untuk "Soal Kejuruan TSM Engine dan Kelistrikan Sepeda Motor"

  1. 1 detikNovember 8, 2018 at 7:49 PM

    cara dowloadnya gman bos?

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  2. 1 detikFebruary 24, 2020 at 8:23 PM

    cara downloadnya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

My Blog List

Entri Populer

  • Soal Pilihan Ganda Penggunaan Alat Ukur
    1      Setiap satu kali putaran penuh (360 o ) pada skala thimble micrometer menunjukkan gerakan sepanjang adalah:                        ...
  • Soal Kejuruan Teknik Sepeda Motor TSM
    Soal Pilihan Ganda dan Esay untuk kejuruan Teknik Sepeda Motor SMK Soal dibuat sebagai bahan latihan dan ulangan atau ujian akhir kompete...
  • Soal Pilihan Ganda Sistem Stater
    1.     Fungsi dari kumparan field coil pada pole and yoke yang terdapat pada motor starter adalah … A.     memutarkan motor starter aga...
  • Soal dan Jawaban Chasis dan Pemindah Tenaga TSM
    Soal dan Jawaban Chasis Sepeda Motor untuk sekolah SMK Kompetensi keahlian Teknik Sepeda Motor. Diharapkan dari soal - soal di bawah ini dap...
  • Soal Ulangan Dasar - dasar Otomotif TKR
                    1      Apa yang dimaksud mesin 2 langkah adalah…….. a.        Mesin yang membutuhhkan 2 kali putaran poros engkol untuk...
  • Pembahasan dan Kunci Jawaban Soal Kejuruan TSM
    Pembahasan dan kunci jawaban telah kami terbitkan untuk pertanyaan-pertanyaan pada soal yang sebelumnya, pembahsan ini dibuat untuk membant...
  • Soal Ulangan Akhir Semester TKR Kelas XII
    Ulangan akhir semester merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan tiap satuan pendidikan tidak terkecuali Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)...

Blog Archive

  • ►  2022 (4)
    • ►  September (2)
    • ►  August (1)
    • ►  March (1)
  • ▼  2015 (25)
    • ►  November (6)
    • ►  October (2)
    • ▼  September (13)
      • Kunci Jawaban Soal Chasis dan Pemindah Tenaga TSM
      • Soal dan Jawaban Chasis dan Pemindah Tenaga TSM
      • Pembahasan dan Kunci Jawaban Soal Kejuruan TSM
      • Soal Kejuruan TSM Engine dan Kelistrikan Sepeda Motor
      • Soal UAS Kejuruan Teknik Sepeda Motor
      • Kunci Jawaban Soal Penggunaan Alat Ukur TKR dan TSM
      • Soal Penggunaan Alat Ukur TKR dan TSM
      • Kunci Jawaban Soal Ulangan Dasar - dasar Otomotif TKR
      • Soal Pilihan Ganda Sistem Stater
      • Pembahasan / Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda Peng...
      • Soal Pilihan Ganda Penggunaan Alat Ukur
      • Soal Ulangan Dasar - dasar Otomotif TKR
      • Soal UAS Kejuruan Teknik Kendaraan Ringan
    • ►  April (1)
    • ►  March (3)

Labels

  • Kunci Jawaban Soal
  • Soal Adaptif SMK
  • Soal Chasis
  • Soal Engine
  • Soal Kejuruan TBO
  • Soal Kejuruan TKR
  • Soal Kejuruan TSM
  • Soal Kelistrikan
  • Soal Normatif SMK
  • ulangan online
Copyright 2013 Kumpulan jawaban dan soal otomotif - All Rights Reserved
Design by Mas Sugeng - Published by Evo Templates