Kumpulan jawaban dan soal otomotif

Kumpulan jawaban dan soal otomotif TKR dan TSM

  • Home
  • About
  • Contact Us
  • Sitemap
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
Home » Soal Chasis » Soal Kejuruan TSM » Soal dan Jawaban Chasis dan Pemindah Tenaga TSM

Tuesday, September 29, 2015

Soal dan Jawaban Chasis dan Pemindah Tenaga TSM

Soal dan Jawaban Chasis Sepeda Motor untuk sekolah SMK Kompetensi keahlian Teknik Sepeda Motor. Diharapkan dari soal - soal di bawah ini dapat bermanfaat untuk menguji kemampuan memahami materi chasis dan pemindah tenaga khususnya teknik sepeda motor bagi para siswa SMK.

Soal Chasis dan Pemindah Tenaga TSM

Pilihlah salah satu jawaban yang menurut anda merupakan jawaban yang paling benar dari pertanyaan - pertanyaan berikut:


1.    Terjadinya kopling slip sewaktu berakselerasi penyebabnya adalah seperti    dibawah ini, kecuali :
a)    Tidak ada jarak main bebas ( fre play ) kopling
b)   Pegas koling terlalu keras
c)    Kanvas kopling aus
d)    Pegas kopling lemah

2.    Jarak main bebas handel kopling motor sport adalah :
a)    10 – 30 mm
b)   20 – 30 mm
c)    10 – 20 mm
d)    15 – 25 mm 

3.    Komponen-komponen kopling untuk motor sport ialah sebagai berikut kecuali:
a)    Kampas kopling
b)   Plat kopling
c)    Pusat kopling
d)    Kopling sentrifugal

4.    Berikut adalah cara penyetelan kopling sepeda motor tipe cub (bebek ) kecuali :
a)    Letakkan sepeda motor pada standar tengah
b)   Longgarkan mur pengunci penyetel kopling satu putaran penuh
c)  Putar adjusterberlawanan arah jarum jam sampai terasa ada tahanan, kemudian putar adjuster searah jarum jam 3/4 putaran dan kencangkan lock nut.
d)  Putar adjusterberlawanan arah jarum jam sampai terasa ada tahanan, kemudian putar adjuster searah jarum jam 1/8 putaran dan kencangkan lock nut.

5.    Pada sistem rem hidrolik, apabila pengereman kurang efektif, hal ini disebabkan oleh karena:
a)  Kapasitas minyak rem kurang
b) Ada unsur udara pada sistem hydrolik
c)  Jenis minyak rem tidak sama
d)  Volume minyak rem berlebihan

6.    Jenis minyak rem yang digunakan
a)  SAE 20-W 50
b) API Service SJ
c)  DOT 3 – 4
d)  SAE 40

7.    Jarak main bebas rem belakang adalah :
a)    10 – 20 mm
b)   20 – 30 mm
c)    15 – 25 mm
d)    35 – 45 mm

8.    Apabila pengendalian setang/ kemudi terasa berat untuk digerakkan, kemungkinan penyebabnya adalah seperti dibawah ini, kecuali :
a)  Mur ulir atas poros kemudi terlalu kencang
b) Cincin peluru bantalan atau konis pros kemudi aus / rusak
c)  Tekanan udara ban terlalu rendah
d)  Mur ulir atas poros kemudi terlalu longgar

9.    Apabila kemudi terasa ringan , penyebabnya ialah sebgai berikut kecuali :
a)  Steering bearing adjusting nut (mur penyetel bearing)  kekencangan kurang
b) Konis atas / bawah aus
c)  Seal debu rusak
d)  Peluru baja sudah aus

10.    Berikut adalah komponen sistim kemudi, kecuali :
a)  Peluru baja
b) Konis
c)  Mur pengikat
d)  Oil seal

11. Batas keolengan roda aksial dan radial  ( kolengan kekiri dan kekanan serta keatas dan kebawah ) yang dijinkan adalah:
a)  2,0 mm
b) 0,2 mm
c)  0,02 mm
d)  Tidak ada jawaban yang benar

12. Pernyataan dibawah ini adalah cara memeriksa wheel bearing ( bantalan roda ) yang benar adalah sebagai berikut :
a)    Memutar lingkaran dalam masing-masing bantalan dengan jari-jari
b)   Bantalan harus berputar dengan halus tanpa suara
c)    Lingkaran luar bantalan duduk dengan erat pada hub ( pusat roda )
d)    Jawaban a,b dan c, adalah benar

13. Ukuran tekanan ban belakang untuk berboncengan adalah :
a)    25 psi
b)   28 psi
c)    20 psi
d)    33 psi

14. Untuk melumasi rantai roda digunakan minyak pelumas dengan kekentalan  sebagai berikut :
a)    SAE 10
b)   SAE 90
c)    SAE 40
d)    SAE 20 W 50

15. Jarak main bebas rantai roda umumnya berkisar antara :
a)    25 – 35 mm
b)   20 – 25 mm
c)    15  - 20 mm
d)    10 – 20 mm

16.    Berikut adalah prosedur penyetelan rantai roda, kecuali :
a)  Kendorkan mur as roda
b) Abaikan skala pada sebelah kanan dan kiri yang terdapat pada lengan ayun
c)  Kendorkan mur pengunci baut penyetel
d)  Lakukan penyetelan rantai

17. Mistar geser / vernier caliper bisa dipergunakan untuk mengukur:
a)    Diameter luar poros
b)   Diameter dalam
c)    Kedalaman lubang  suatu benda .
d)    Semua jawaban tersebut betul.

18. Ada suatu poros berdiameter  30,15 mm, yang tepat  kita harus memilih micrometer rentang ukur :
a)    0 - 25   mm
b)   25 – 50 mm
c)    50 - 75 mm
d)    75  - 100 mm

19. Pernyataan dibawah ini adalah prosedur pemeliharan alat ukur yang benar .
a)    Jaga alat ukur tersebut tetap bersih, laplah dengan kain bersih.
b)    Periksa alat ukur tersebut secara teratur.
c)    Simpanlah alat ukur pada tempatnya.
d)    Jawaban a,b,c adalah benar

20. Ada tiga hal yang harus diperhatikan saat menggunakan kunci pas antara lain ialah sebagai berikut, kecuali  :
a)    Pilihlah kunci pas yang ukurannya sesuai.
b) Pasanglah kunci pasnya sedemikian rupa sehingga rahang-rahangnya sepenuhnya mencengkeram mur atau kepala baut agar kunci pasnya tidak selip/terlepas.
c)    Tekan kunci pas tersebut menjauh dari arah anda
d)    Tariklah kunci pas tersebut ke arah anda untuk melepaskan mur atau baut tersebut.

21. Pernyataan berikut adalah cara pemeliharaan kunci Ring :
a)    Jaga agar kunci tersebut tetap bersih, laplah dengan kain bersih.
b)   Periksa kunci-kunci tersebut secara teratur bila aus  atau rusak.
c)    Simpanlah kunci dalam kotak alat, lemari atau gantungan dinding.
d)    Jawaban a,b,c adalah benar

22. Apa bila saudara ingin melepas atau mengencangkan baut/ mur, sebaiknya menggunakan :
a)    Kunci pas
b)   Kunci ring
c)    Kunci inggris ( adjustable wrench )
d)    Tang kombinasi


Kunci Jawaban Soal chasis dan pemindah tenaga TSM dapat dilihat di sini 
Demikian bahan pertanyaan yang dapat saya bagikan, semoga dapat menambah perbendaharaan soal-soal bapak - ibu guru khusunya guru kompetensi keahlian sepeda motor
f
Share
t
Tweet
g+
Share
?
tri haryadi
7:26 PM

6 komentar untuk "Soal dan Jawaban Chasis dan Pemindah Tenaga TSM"

  1. UnknownFebruary 12, 2016 at 5:51 AM

    jooossss

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  2. aruhyantoFebruary 23, 2016 at 5:37 PM

    thank for sharring

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  3. UnknownMay 27, 2017 at 5:42 PM

    Dapat membantuu.
    Joooosssss

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  4. UnknownOctober 9, 2018 at 6:52 PM

    oke

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  5. UnknownNovember 19, 2018 at 10:37 PM

    tidak bisa di copy

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
  6. DriversprinterFebruary 22, 2019 at 6:39 PM

    Thank

    Soaldanjawabanlengkap.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

My Blog List

Entri Populer

  • Soal Pilihan Ganda Penggunaan Alat Ukur
    1      Setiap satu kali putaran penuh (360 o ) pada skala thimble micrometer menunjukkan gerakan sepanjang adalah:                        ...
  • Soal Kejuruan Teknik Sepeda Motor TSM
    Soal Pilihan Ganda dan Esay untuk kejuruan Teknik Sepeda Motor SMK Soal dibuat sebagai bahan latihan dan ulangan atau ujian akhir kompete...
  • Soal Pilihan Ganda Sistem Stater
    1.     Fungsi dari kumparan field coil pada pole and yoke yang terdapat pada motor starter adalah … A.     memutarkan motor starter aga...
  • Soal dan Jawaban Chasis dan Pemindah Tenaga TSM
    Soal dan Jawaban Chasis Sepeda Motor untuk sekolah SMK Kompetensi keahlian Teknik Sepeda Motor. Diharapkan dari soal - soal di bawah ini dap...
  • Soal Ulangan Dasar - dasar Otomotif TKR
                    1      Apa yang dimaksud mesin 2 langkah adalah…….. a.        Mesin yang membutuhhkan 2 kali putaran poros engkol untuk...
  • Pembahasan dan Kunci Jawaban Soal Kejuruan TSM
    Pembahasan dan kunci jawaban telah kami terbitkan untuk pertanyaan-pertanyaan pada soal yang sebelumnya, pembahsan ini dibuat untuk membant...
  • Soal Ulangan Akhir Semester TKR Kelas XII
    Ulangan akhir semester merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan tiap satuan pendidikan tidak terkecuali Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)...

Blog Archive

  • ►  2022 (4)
    • ►  September (2)
    • ►  August (1)
    • ►  March (1)
  • ▼  2015 (25)
    • ►  November (6)
    • ►  October (2)
    • ▼  September (13)
      • Kunci Jawaban Soal Chasis dan Pemindah Tenaga TSM
      • Soal dan Jawaban Chasis dan Pemindah Tenaga TSM
      • Pembahasan dan Kunci Jawaban Soal Kejuruan TSM
      • Soal Kejuruan TSM Engine dan Kelistrikan Sepeda Motor
      • Soal UAS Kejuruan Teknik Sepeda Motor
      • Kunci Jawaban Soal Penggunaan Alat Ukur TKR dan TSM
      • Soal Penggunaan Alat Ukur TKR dan TSM
      • Kunci Jawaban Soal Ulangan Dasar - dasar Otomotif TKR
      • Soal Pilihan Ganda Sistem Stater
      • Pembahasan / Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda Peng...
      • Soal Pilihan Ganda Penggunaan Alat Ukur
      • Soal Ulangan Dasar - dasar Otomotif TKR
      • Soal UAS Kejuruan Teknik Kendaraan Ringan
    • ►  April (1)
    • ►  March (3)

Labels

  • Kunci Jawaban Soal
  • Soal Adaptif SMK
  • Soal Chasis
  • Soal Engine
  • Soal Kejuruan TBO
  • Soal Kejuruan TKR
  • Soal Kejuruan TSM
  • Soal Kelistrikan
  • Soal Normatif SMK
  • ulangan online
Copyright 2013 Kumpulan jawaban dan soal otomotif - All Rights Reserved
Design by Mas Sugeng - Published by Evo Templates