Kerjakan Soal-soal dibawah ini dengan cermat!
Soal Ulangan Akhir Semester Kejuruan Teknik Sepeda Motor
1.
Berapakah jumlah
roda gigi transmisi pada sepeda motor dengan 5 kecepatan :
a.
6 pasang roda gigi
b.
7 pasang roda gigi
c.
3 pasang roda gigi
d.
4 pasang roda gigi
e.
5 pasang roda gigi
2. Yang bukan termasuk komponen dari mekanisme
pemindah gigi adalah:
a.
Drum shift gear
b.
Shift fork
c.
Plat bintang
d.
Lengan Pemindah
Gigi
e.
Input shaft
3. Urutan
nama komponen yang tepat adalah :
a.
Crankshaft, input shaft, output
shaft, drum shift gear&shift fork, kick starter
b.
Crankshaft, output shaft, input
shaft, drum shift gear&shift fork, kick starter
c.
Crankshaft, output shaft, drum shift
gear&shift fork, input shaft,kick starter
d.
Crankshaft, drum shift
gear&shift fork, input shaft, output shaft, kick starter
e.
Crankshaft, input shaft, drum shift
gear&shift fork, output shaft, kick starter
4.
Komponen yang berfungsi
sebagai penahan drum shift gear supaya tidak netral ketika pedal persneling
diinjak ke depan pada saat sepeda motor berjalan adalah nomor…..
a.
5
b.
20
c.
1
d.
5
e.
16
5.
Pada gbr. soal nomor 4, gigi manakah
yang berfungsi sebagai gigi 3
a.
5&6
b.
7&6
c.
1&3
d.
5&6
e.
7&8
6.
Untuk memperkaya campuran bahan
bakar pada saat kondisi udara di sekitar kita dingin adalah fungsi dari:
a.
Choke valve
b.
Slow jet
c.
A C V
d.
Float valve
e.
Main jet
7.
Urutan kerja yang benar jika
membersihkan saringan udara yang terbuat dari elemen kertas berikut ini adalah:
a.
Disemprot dari arah: luar, dalam,
luar, dst
b.
Disemprot dari arah: dalam, luar,
dalam, dst
c.
Dicelup disolar, diperas, disemprot,
dst
d.
Disemprot, dilumasi oli, dst
e.
Disemprot dari dalam, luar, dalam
dan setelah itu dilumasi pakai oli
8.
Pada saat mesin putaran tinggi dan
tiba-tiba handel gas dibuka pada sepeda motor dengan karburator jenis TPFC
komponen yang bekerja adalah :
a.
Main jet
b.
Air srew
c.
Slow jet
d.
Trotel stop srew
e.
Main jet & pompa akselerasi
9.
Gunanya pelampung pada karbutaror
adalah
a.
Untuk mensuplai pemasukan bensin
pada putaran tinggi
b.
Untuk mengapung di dalam cairan
bahan bakar
c.
Untuk mengatur pemasukan bahan bakar
ke ruang pompa akselerasi TPFC
d.
Untuk mengatur tinggi rendahnya
bahan bakar
e.
Untuk mensuplai pemasukan bensin
pada putaran rendah
10.
Campuran miskin pada karburator
adalah :
a.
Perbandingan 1 : 10
b.
Perbandingan 1 : 12
c.
Perbandingan 1 : 13
d.
Perbandingan 1 : 15
e.
Perbandingan 1 : 17
11.
Salah satu penyebab terjadinya mesin
berasap berwarna hitam pada sepeda motor 4 tak adalah :
a.
Banyak arang yang mengendap di dalam
ruang bakar
b.
Pemakaian tingkat panas busi yang
keliru
c.
Tekanan kompresi rendah
d.
Campuran terlalu kaya
e.
Ring oli bocor
12.
Rumus untuk menghitung gaya adalah :
a.
F = P x A
b.
A = F x P
c.
F = P / A
d.
P = F x A
e.
F = A / P
13.
Satuan dari tekanan adalah
a.
Newton
b.
Ampere
c.
Kpa
d.
Watt
e.
M2
14.
Satuan dari luas penampang adalah :
a.
Newton
b.
Ampere
c.
Kpa
d.
Watt
e.
M2
15.
Diketahui gaya = 40 N, luas
penampang = 40 mm 2 berapa tekanan yang timbul ?
a.
1600 Kpa
b.
1000 Kpa
c.
160 Kpa
d.
100 Kpa
e.
16 Kpa
16.
Berikut ini adalah komponen sistem
pengapian kecuali :
a.
Coil
b.
Busi
c.
CDI
d.
Regulator
e.
Platina
17.
Prinsip kerja dari CDI adalah :
a.
Pengosongan muatan listrik pada
kapasitor
b.
Pengisian muatan listrik pada
kapasitor
c.
Pengosongan muatan listrik pada
thyristor (SCR)
d.
Pengisian muatan listrik pada
thyristor (SCR)
e.
Salah semua.
18.
Komponen dalam CDI yang berfungsi
sebagai saklar elektronik menggantikan fungsi platina di sistem pengapian
adalah :
a.
Diode Zener
b.
Diode
c.
SCR
d.
Tahanan
e.
Platina
19.
Untuk melakukan pengukuran ignation
primary coil pada supra smh terminal yang diukur adalah :
a.
Hitam/kuning dan hijau
b.
Biru /kuning dan Hijau
c.
Hijau dan massa
d.
Merah/hitam dan hijau
e.
Biru /putih dan massa
20.
Untuk bisa menimbulkan pembakaran
yang sempurna pada busi, diperlukan peralatan yang mampu meningkatkan tegangan
yang tinggi. Peralatan tersebut adalah :
a.
CDI
b.
Baterai
c.
Thyristor
d.
Pulser
e.
Coi
21.
Salah satu pengukuran yang dilakukan
pada saat memeriksa rem tromol adalah
a.
Panjang brake lining
b.
Panjang kanvas rem
c.
Lebar kanvas rem
d.
Diameter sepatu rem
e.
Diameter tromol rem
22.
Pemeriksaan ketebalan cakram rem
untuk mengetahui
a.
Batas servis dan keausan
b.
Batas servis dan kemiringan
c.
Batas servis dan ketebalan
d.
Batas servis dan kerusakan
e.
Batas servis dan kemiringan
23.
Minyak rem yang digunakan pada
sistem rem cakram adalah
a.
DOT 3 dan DOT 5
b.
DOT 3 dan DOT 7
c.
DOT 3 dan DOT 6
d.
DOT 3 dan DOT 8
e.
DOT 3 dan DOT 4
24.
Urutan pembongkaran brake caliper
rem cakram adalah
a.
Keluarkan minyak rem, lepas selang
rem dan kanvas rem,lepas bracket caliper, pegas kanvas dan karet tutup pin
slide.
b.
Keluarkan minyak rem, lepas bracket
rem dan pegas kanvas rem.
c.
Keluarkan minyak rem, lepas selang
rem dan kanvas rem dan caliper rem serta master silinder.
d.
Keluarkan minyak rem, lepas selang
rem dan kanvas rem dan tutup pin slide
e.
Keluarkan minyak rem, lepas kanvas
rem dan caliper rem dan karet dust seal
25.
Fungsi sistem rem pada kendaraan
sepeda motor adalah
a.
Menjaga kestabilan kendaraan
bermotor
b.
Menjaga laju kendaraan bernotor.
c.
Mengurangi dan menghentikan laju
kendaraan bernotor
d.
Menghentikan putaran mesin kendaraan
bermotor
e.
Mengurangi putaran dan laju getaran
roda
26.
Fungsi sistem kopling pada sepeda
motor adalah . . . .
a.
Meneruskan dan memutuskan putaran
mesin.
b.
Meneruskan dan memutuskan putaran
roda mesin
c.
Meneruskan dan memutuskan putaran
dari poros engkol ke transmisi.
d.
Meneruskan dan memutuskan putaran
dari poros engkol ke mesin.
e.
Meneruskan dan memutuskan putaran
dari poros engkol ke roda belakang
27.
Cara kerja kopling otomatis pada
sepeda motor bekerja berdasarkan . . .
.
a.
Tinggi dan rendahnya jalan yang
dilalui sepeda motor
b.
Tinggi dan rendahnya putaran roda
sepeda motor.
c.
Tinggi dan rendahnya putaran
transmisi sepeda motor.
d.
Tinggi dan rendahnya putaran
perseneling sepeda motor.
e.
Tinggi dan rendahnya putaran mesin sepeda
motor
28.
Tanda-tanda kampas kopling telah aus
pada kendaraan bermotor antara lain . . . .
a.
Tenaga mesin terasa stabil, terutama
ketika menanjak.
b.
Antara RPM mesin dan kecepatan tidak
sebanding, contohnya seperti putaran
mesin tinggi namun laju sepeda
motor seperti tertahan
c.
Perpindahan gigi transmisi terasa
lembut dan kasar, untuk transmisi matik terasa menghentak.
d.
Bahan bakar menjadi lebih hemat.
e.
Semua benar
29.
Dibawah in sumber-sumber kerusakan
pada sistem pemindah tenaga (kopling) antara lain, kecuali
a.
Jumlah kanvas kopling dan pelat
gesek tidak sama
b.
Kopling macet dan pemindahan gigi
transmisi keras
c.
Saat bekerja pemindah gigi terlalu
lambat
d.
Kopling selip
e.
Gaya/gerak kopling tidak sama
30.
Fungsi minyak pelumas/oli bagi
sistem kopling sepeda motor adalah . . . .
a.
Sebagai pendingin dan melumasi rumah
kopling saja
b.
Sebagai pendingin dan melumasi pelat
kolping saja
c.
Sebagai pendingin dan pelumas bagian
mesin
d.
Sebagai pendingin dan pelumas bagian
transmisi saja
e.
Sebagai pendingin dan melumasi
komponen kopling dan memperlembut gesekan antar komponen
Semoga bermanfaat