Soal dan Jawaban Chasis Sepeda Motor untuk sekolah SMK Kompetensi keahlian Teknik Sepeda Motor. Diharapkan dari soal - soal di bawah ini dapat bermanfaat untuk menguji kemampuan memahami materi chasis dan pemindah tenaga khususnya teknik sepeda motor bagi para siswa SMK.
Soal Chasis dan Pemindah Tenaga TSM
Pilihlah salah satu jawaban yang menurut anda merupakan
jawaban yang paling benar dari pertanyaan - pertanyaan berikut:
1. Terjadinya kopling slip sewaktu berakselerasi penyebabnya adalah seperti dibawah ini, kecuali :
a) Tidak ada jarak main bebas (
fre play ) kopling
b) Pegas koling terlalu keras
c) Kanvas kopling aus
d) Pegas kopling lemah
2. Jarak main bebas handel kopling
motor sport adalah :
a) 10 – 30 mm
b) 20 – 30 mm
c) 10 – 20 mm
d) 15 – 25 mm
3. Komponen-komponen kopling untuk
motor sport ialah sebagai berikut kecuali:
a)
Kampas kopling
b)
Plat kopling
c)
Pusat kopling
d)
Kopling sentrifugal
4. Berikut adalah cara penyetelan
kopling sepeda motor tipe cub (bebek ) kecuali :
a) Letakkan sepeda motor pada
standar tengah
b) Longgarkan mur pengunci
penyetel kopling satu putaran penuh
c) Putar adjusterberlawanan arah
jarum jam sampai terasa ada tahanan, kemudian putar adjuster searah jarum jam
3/4 putaran dan kencangkan lock nut.
d) Putar adjusterberlawanan arah jarum jam sampai terasa ada tahanan,
kemudian putar adjuster searah jarum jam 1/8 putaran dan kencangkan lock nut.
5.
Pada sistem rem hidrolik, apabila pengereman kurang efektif, hal ini
disebabkan oleh karena:
a)
Kapasitas minyak rem kurang
b) Ada unsur udara pada sistem hydrolik
c)
Jenis minyak rem tidak sama
d)
Volume minyak rem berlebihan
6.
Jenis minyak rem yang digunakan
a)
SAE 20-W 50
b)
API Service SJ
c)
DOT 3 – 4
d)
SAE 40
7.
Jarak main bebas rem belakang adalah :
a)
10 – 20 mm
b)
20 – 30 mm
c)
15 – 25 mm
d)
35 – 45 mm
8.
Apabila pengendalian setang/ kemudi terasa berat untuk digerakkan,
kemungkinan penyebabnya adalah seperti dibawah ini, kecuali :
a) Mur ulir atas poros kemudi
terlalu kencang
b) Cincin peluru bantalan atau
konis pros kemudi aus / rusak
c) Tekanan udara ban terlalu
rendah
d) Mur ulir atas poros kemudi
terlalu longgar
9.
Apabila kemudi terasa ringan , penyebabnya ialah sebgai berikut kecuali :
a)
Steering
bearing adjusting nut (mur penyetel bearing)
kekencangan kurang
b)
Konis atas / bawah aus
c)
Seal debu rusak
d)
Peluru baja sudah aus
10.
Berikut adalah komponen sistim kemudi, kecuali :
a)
Peluru baja
b)
Konis
c)
Mur pengikat
d) Oil seal
11. Batas keolengan roda aksial dan radial ( kolengan kekiri dan kekanan serta keatas
dan kebawah ) yang dijinkan adalah:
a) 2,0 mm
b) 0,2 mm
c) 0,02 mm
d) Tidak
ada jawaban yang benar
12. Pernyataan dibawah ini adalah cara memeriksa wheel
bearing ( bantalan roda ) yang benar adalah sebagai berikut :
a) Memutar lingkaran dalam masing-masing bantalan dengan
jari-jari
b) Bantalan harus berputar dengan halus tanpa suara
c) Lingkaran luar bantalan duduk dengan erat pada hub (
pusat roda )
d) Jawaban a,b dan c, adalah benar
13. Ukuran tekanan ban belakang untuk berboncengan adalah :
a) 25 psi
b) 28 psi
c) 20 psi
d) 33 psi
14. Untuk melumasi rantai roda
digunakan minyak pelumas dengan kekentalan
sebagai berikut :
a) SAE 10
b) SAE 90
c) SAE 40
d) SAE 20 W 50
15. Jarak main bebas rantai roda
umumnya berkisar antara :
a) 25 – 35 mm
b) 20 – 25 mm
c) 15 - 20 mm
d) 10 – 20 mm
16. Berikut adalah prosedur penyetelan rantai roda,
kecuali :
a) Kendorkan mur as roda
b) Abaikan skala pada sebelah kanan dan kiri yang
terdapat pada lengan ayun
c) Kendorkan mur pengunci baut penyetel
d) Lakukan penyetelan rantai
17.
Mistar geser / vernier caliper bisa
dipergunakan untuk mengukur:
a)
Diameter luar poros
b)
Diameter dalam
c)
Kedalaman lubang suatu
benda .
d)
Semua jawaban tersebut betul.
18. Ada
suatu poros berdiameter 30,15 mm, yang
tepat kita harus memilih micrometer
rentang ukur :
a)
0 - 25 mm
b)
25 – 50 mm
c)
50 - 75 mm
d)
75 - 100 mm
19. Pernyataan dibawah ini adalah
prosedur pemeliharan alat ukur yang benar .
a)
Jaga alat ukur tersebut tetap bersih, laplah dengan
kain bersih.
b)
Periksa alat ukur tersebut secara teratur.
c)
Simpanlah alat ukur pada tempatnya.
d)
Jawaban a,b,c adalah benar
20. Ada tiga hal yang harus diperhatikan
saat menggunakan kunci pas antara lain ialah sebagai
berikut, kecuali :
a)
Pilihlah kunci pas yang ukurannya sesuai.
b) Pasanglah kunci pasnya sedemikian rupa sehingga rahang-rahangnya
sepenuhnya mencengkeram mur atau kepala baut agar kunci pasnya tidak
selip/terlepas.
c)
Tekan kunci pas tersebut
menjauh dari arah anda
d)
Tariklah kunci pas tersebut ke arah anda untuk melepaskan mur atau baut
tersebut.
21. Pernyataan berikut adalah cara pemeliharaan kunci Ring :
a)
Jaga agar kunci tersebut tetap bersih, laplah dengan kain bersih.
b)
Periksa kunci-kunci tersebut secara teratur bila aus atau rusak.
c)
Simpanlah kunci dalam kotak alat, lemari atau gantungan dinding.
d)
Jawaban a,b,c adalah
benar
22. Apa bila saudara ingin melepas atau mengencangkan baut/ mur,
sebaiknya menggunakan :
a) Kunci pas
b) Kunci ring
c) Kunci inggris ( adjustable wrench )
d) Tang kombinasi
Kunci Jawaban Soal chasis dan pemindah tenaga TSM dapat dilihat di sini
Demikian bahan pertanyaan yang dapat saya bagikan, semoga dapat menambah perbendaharaan soal-soal bapak - ibu guru khusunya guru kompetensi keahlian sepeda motor